Laman

Rabu, 20 Agustus 2014

SIDOARJO

Assalammu’alaikum Wr.Wb :)


Pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai daerah tempat saya di lahirkan, yaitu kota sidoarjo yang terletak di Provinsi Jawa Timur
Kabupaten Sidoarjo, merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa TimurIndonesia. Ibukotanya adalah Sidoarjo. Kabupaten ini berbatasan dengan Kota Surabaya dan Kabupaten Gresik di utara, Selat Madura di timur, Kabupaten Pasuruan di selatan, serta Kabupaten Mojokerto di barat. Sidoarjo dikenal sebagai penyangga utama Kota Surabaya, dan termasuk kawasan Gerbang kertosusila.


Wilayah Kabupaten Sidoarjo berada di dataran rendah. Sidoarjo dikenal dengan sebutan Kota Delta, karena berada di antara dua sungai besar pecahan Kali Brantas, yakni Kali Mas dan Kali Porong. Kota Sidoarjo berada di selatan Surabaya, dan secara geografis kedua kota ini seolah-olah menyatu.
Kabupaten Sidoarjo terdiri atas 18 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlahdesa dan kelurahan. Saat ini kabupaten sidoarjo dipimpin oleh seorang bupati yaitu H. Saiful Ilah, S.H.,M.Hum (2010 – sekarang)
Sebagian besar masyarakat Sidoarjo bekerja di bidang perikanan, industri dan jasa. Dekatnya wilayah Sidoarjo dengan Selat Madura, membuat daerah ini kaya akan produk lautnya, seperti ikan, udang dan kepiting. Oleh karena itulah, logo kabupaten ini adalah Udang dan Bandeng, yang juga merupakan komoditi utama dari kota ini. Hasil dari komoditi utama tadi, Sidoajo memiliki berbagai produk unggulan yang selalu di cari oleh pengunjung, seperti Petis, lontong kupang, krupuk udang dan Bandeng Asap.




Di samping itu Sektor industri yang ada di Sidoarjo lebih banyaknya akan berkembang cukup pesat karena lokasi Sidoarjo yang berdekatan dengan beberapa daerah basah, seperti pusat bisnis kawasan Indonesia Timur (Surabaya), Pelabuhan Laut Tanjung Perak maupun Bandar Udara Juanda. Ditambah lagi, sektor industri kecil juga berkembang cukup baik, diantaranya sentra industri kerajinan tas dan koper di Tanggulangin, sentra industri sandal dan sepatu di Wedoro - Waru dan Tebel - Gedangan, sentra industri kerupuk di Telasih - Tulangan.


Selain itu kabupaten Sidoarjo merupakan daerah yang masih memiliki potensi wisata, khususnya di bidang seni dan budaya Antara lain :
Petik Laut, merupakan upacara tradisional bagi nelayan di desa Banjar Kemuning Kecamatan Sedati. Upacara Petik laut diadakan merupakan ungkapan rasa syukur dan berterimakasih atas hasil tangkapan nelayan selama ini. Petik Laut diselengarakan setiap tahun. Masyarakat desa Banjar Kemuning dengan membawa bekal dari rumah kemudian berperahu bersama-sama menuju kelaut.
Pantai Ketingan, satu-satunya objek wisata alam di kabupaten di Kabupaten Sidoarjo.. Pantai Ketingan berada di Desa Sawoan Kecamatan Buduran. Wisatawan berperahu selama kurang dari satu (1) jam sambil menikmati pemandangan alam, menyusuri sungai Karang Gayam menuju laut. kemudian makan siang dengan menu sea food.
Tarian jaran kepang, kelompok seni tradisi jaranan hampir punah di Kabupaten Sidoarjo, tak sampai hitungan jari sebelah tangan. Sebelum 1980-an, cukup banyak grup jaranan yang menggelar atraksi hiburan di kampung-kampung. Kelompok-kelompok seni Jaranan atau Jaran Kepang yang selama ini ada di Sidoarjo bisa dikatakan bukan asli atau berdomisili di Sidoarjo. Mereka berasal dari luar kota, seperti Tulungagung, yang sengaja ngamen di Sidoarjo dalam waktu beberapa lama. Diperkirakan ada sekitar 10 grup. Namun ada satu grup Jaran Kepang versi Sidoarjo, yang agak berbeda dengan Jaran Kepang pada umumnya. Yakni, ketika dalam masa trance, pemainnya memanjat pohon kelapa dengan kepala menghadap ke bawah. Grup ini hanya ada di desa Segorobancang, kec. Tarik.

Jika anda dan keluarga anda atau teman anda ingin mencoba masakan khas Sidoarjo. Tidak lah sulit . anda dapat dengan mudah menemukannya di pertokokan jalan Mojopahit Sidoarjo yang tidak pernah sepi pengunjung baik dari wisatawan manca negara maupun wisatawan nusantara. Makanan khas Sidoarjo seperti aneka kerupuk, bandeng asap, bandeng presto, kepiting, petis udang Dan lain lain.
Begitulah sekilas mengenai kabupaten sidoarjo. Kabupaten sidoarjo patut disebut sebagai salah satu kabupaten yang memiliki potensi wisata baik wisata seni budaya, wisata belanja, wisata sejarah, wisata alam hingga wisata kuliner yang cukup baik dan besar. Selain itu kabupaten sidoarjo mampu memiliki sector atau sentra industry yang juga dapat dibilang cukup besar, terbukti hanya di kabupaten sidoarjo terdapat pasar induk terbesar di kawasan Asia Tenggara yaitu pasar induk “Puspa Agro”. Satu hal lagi yang patut dibanggakan dari kabupaten sidoarjo adalah pada tahun ini kabupaten sidoarjo mampu meraih piala Adipura,
nah,sekian postingan kali ini.. terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membacanya..
Wassalammu’alaikum Wr.Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar